Inilah 5 Tanda Oli untuk Motor Matic Anda Habis

Motor matic kini begitu diminati oleh masyarakat Indonesia. Buktinya, Anda bisa melihat berbagai jenis motor matic yang mendominasi jalan raya. Motor jenis ini tentulah harus dirawat seperti motor-motor yang lainnya agar tetap bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Misalnya, melakukan service secara berkala, memanaskan mesin sebelum digunakan, dan menggunakan oli untuk motor matic agar mesin motor Anda tetap terawat.

Mengganti oli motor harus Anda lakukan secara rutin sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Jika tidak, maka mesin motor matic Anda khawatir akan mengalami kerusakan. Jika Anda lalai untuk mengganti oli, kemungkinan besar hal-hal berikut ini akan terjadi pada motor matic Anda.

  • Adanya bunyi “trek trek” pada motor

Saat oli motor Anda habis, maka akan terdapat bunyi “trek-trek” ketika motor dijalankan. Suara tersebut berasal dari kepala silinder yang tidak mendapatkan pelumas karena oli mesin tidak naik hingga ke kepala silinder. Dengan begitu, mesin Anda pun akan menghasilkan bunyi yang cukup mengganggu.

  • Tarikan motor akan terasa berat saat dijalankan

Jika oli motor Anda habis, maka tarikannya akan terasa lebih berat dan seperti tertahan. Hal ini disebabkan karena mesin tidak terlumasi oleh oli dengan baik sehingga pergerakannya pun menjadi terganggu. Motor matic yang terlumasi oli, maka gerakannya akan menjadi lebih ringan karena oli bersifat licin.

  • Mesin motor akan cepat panas

Motor yang dihidupkan dalam jangka waktu yang lama suhu mesinnya akan mengalami peningkatan. Hal tersebut tentu sangat normal. Namun jika motor yang baru saja dihidupkan 1 menit namun mesinnya sudah mulai panas, maka Anda harus mewaspadai oli pada motor Anda. Segera cek agar bisa cepat ditangani.

  • Motor tiba-tiba mati dan tidak bisa distarter

Oli motor yang habis bisa menyebabkan motor matic Anda mendadak mati. Lebih buruknya, motor Anda susah untuk distarter kembali. Hal tersebut disebabkan karena businya tidak mau menyala akibat volume oli yang sedikit.

Itulah beberapa ciri oli motor matic Anda habis. Selalu gunakan oli untuk motor maticagar mesin motor Anda lebih terawat dan berfungsi dengan baik.

admin Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *